Sunday, May 29, 2011

Kode Program C++ Input Menggunakan Spasi

Okeee...! Karena sering mendapat pertanyaan dari teman-teman saya yang masih bingung tentang bagaimana cara input program menggunakan spasi, Kali ini saya akan membahas tentang Kode Program C++ Input Menggunakan Spasi.

Langsung saja akan saya tampilkan screen shoot kode program nya di bawah ini :

 NB :
1. Perhatikan kode yang saya lingkari merah
2. "%[^\n]" berfungsi untuk mengganti "%s" supaya hasil output akhir, juga akan ada spasi di output, kesimpulanya, anda juga bisa menuliskan "%s" dengan catatan hasil outputan terakhir huruf di belakang spasi yang anda input tadi tidak akan ikut muncul pada layar program atau
"%[^\n]" menggantikan %s agar semua karakter termasuk spasi akan dibaca sampai menekan enter, karena %s tidak akan membaca spasi atau tab. maka jika kode program menggunakan "%s", inputan dibelakang spasi tidak akan ditampilkan di output akhir program seperti pada gambar dibawah ini  :

Output program menggunakan "%s"


Perbedaan nya, jika saya menggunakan "%[^\n]" maka pada output akhir dibelakang spasi akan di tampilkan seperti pada gambar dibawah ini :

Output program menggunakan "%[^\n]"



3. Nah ini dia!! namanya " fflush(stdin) ", di situ saya gunakan agar bisa menginputkan spasi pada inputan program dan tidak akan terjadi program eror seperti pada gambar dibawah ini :

Output program tanpa fflush(stdin)

4. Sekarang jika saya masukan fungsi fflush(stdin), seperti pada gambar kode program yang saya lingkari merah di atas, Hasil nya akan akan tampak seperti ini sodara sodara... heheh..

Output program menggunakan fflush(stdin)
Nahh... bagaimana sodara sodara... mudah bukan ? jadi.... semua fungsi program di C++ adalah saling berhubungan dan menghubungkan, jika salah 1 fungsi saja, kemungkinan besar program juga akan terjadi eror. demikian informasi dari saya mengenai Kode Program C++ Input Menggunakan Spasi , eittsss tunggu dulu..!! hanya sedikit menyampaikan kata-kata terakhir... ehhhmmm!! " tanpa kita sadari, disini kita sudah belajar fungsi program "%[^\n]" dan fflush(stdin) Looohhh.!! " hehehe.... semoga bermanfaat, selamat mencobaaa dan semoga sukses !!
Terimakasih sudah membaca artikel tentang Kode Program C++ Input Menggunakan Spasi anda bisa menemukan artikel ini melalui URL http://bosengaptek.blogspot.com/2012/03/kode-program-c-input-menggunakan-spasi.html. dan saya berharap semoga artikel Kode Program C++ Input Menggunakan Spasi ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Terimakasih...

Baca juga yang lain :

1 comment: