Saturday, July 23, 2011

Membuat Effect Lantai Pada Corel Draw


Untuk Membuat Effect Lantai Pada Corel Draw, seperti gambar diatas, tool yang dibutuhkan hanya 3 yaitu :
  • Mirror Effect
  • Interactive Transparancy Tool
  • Shaping Dengan Intersect 
buatlah tulisan terserah anda dengan cara menggunakan Text Tool atau bisa langsung anda tekan F8 pada keyboard.


Selanjutnya ikuti langkah berikut :

Copy text yang anda buat tadi tepat dibawah nya, dengan cara menekan klik kanan pada text yang akan di copy, kemudian seret kebawah, jika sudah tepat berada dibawah tekan tombol klik kiri, kemudian lepaskan kedua tombol tersebut secara bersamaan, dan hasilnya seperti ini.


Kemudian, balik tulisan tersebut menggunakan effect mirror dengan cara klik objek nya terlebih dahulu kemudian baru kita balik menggunakan effect mirror seperti gambar dibawah ini :


Setelah terbalik, kita akan bikin tulisan tersebut menjadi transparan dan menjadi seolah-olah adalah bayangan dari tulisan/objek utama kita dengan munggunakan Interactive Transparency Tool. caranya, klik objek nya terlebih dahulu, kemudian kita klik Tool nya dan kembali klik tahan pada objek nya. atur Transparency nya sesuai dengan selera anda.


Nah sebenarnya proses membuat effect lantainya sudah selesai, tapi disini kita akan menambahkan lagi effect Shaping dengan Intersect, agar gambar terlihat lebih menarik lagi. Caranya, tampilkan dulu Shaping tool nya dengan mengeklik windows--> Dockers--> Shaping 


Kemudian perhatikan di sebelah kanan layar akan muncul Shape Tool (Lihat gambar diatas), sekarang mari kita gunakan Tool tersebut agar effect lantai yang kita buat menjadi lebih bagus lagi. hehehe..

Langkah 1 buat lingkaran menggunakan ellipse tool, berikan sembarang warna pada lingkaran yg anda buat, kemudian letakkan di depan objek pertama tadi seperti gambar dibawah ini . 

 
Selanjutnya klik lingkaran tersebut. dan pilih Intersect pada Shape tool yang tadi kita tampilkan, untuk Source Object dan Target Object nya bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan dan selera anda. jika sudah klik Tombol Intersect, maka kita akan klik kan cursor kita ke objek tulisan utama tadi, seperti pada gambar dibawah ini .


mungkin anda akan mengerti apa effect dari Shaping dan Intersect ini tanpa saya jelas kan disini. caranya ? coba anda klik tahan dan geser bagian atas obyek utama yang tadi masuk di area lingkaran. seperti ini contohnya :


Langkah terakhir adalah masukan kembali potongan obyek yang tadi anda geser, ke dalam posisi semula. kemudian berilah warna yang agak terang dari obyek utamanya, disini saya akan memakai warna abu-abu.dan seperti inilah hasilnya saudara-saudara sekalian........


gHiMaNa..?? mOeDah BuKan ? HeHeHe (ALAY MODE ON)
tanpa kita sadari, disini kita sudah belajar mengenai effect Transparency dan Shaping Lohhh.. sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat, selamat mencoba dan semoga suksess...!!


Jangan lupa juga tinggalkan komentar anda pada kotak di bawah yaa..... ^_^
Terimakasih sudah membaca artikel tentang Membuat Effect Lantai Pada Corel Draw anda bisa menemukan artikel ini melalui URL http://bosengaptek.blogspot.com/2012/03/membuat-effect-lantai-pada-corel-draw.html. dan saya berharap semoga artikel Membuat Effect Lantai Pada Corel Draw ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Terimakasih...

Baca juga yang lain :

No comments:

Post a Comment