Wednesday, May 16, 2012

Komputer PC tidak menyala ?

Oke Saudara... yang saya maksud dengan judul diatas adalah Komputer PC yang tidak bisa menjalankan sistem operasi. Mungkin jika PC anda tidak mau menyala, bukan berarti hard disknya yang rusak. Periksa dulu kabel power, mungkin terlepas atau aliran listrik yang terputus. Kalau listrik mengalir dan fan power supplay telah berputar, BIOS juga aktif, namun tidak bisa masuk kesistem operasi, maka kemungkinan ada system files yang terhapus. Tandanya jika ada pesan invalid system disk atau missing operating system.
Problem yang boleh dibilang gawat adalah jika hard disk dari PC sama sekali nggak mau diakses. Periksa dulu kabel datanya, kalau kabel data sudah terpasang dengan baik dan BIOS bisa mendeteksi harddisk anda, maka kemungkinan penyebabnya adalah serangan virus, kerusakan secara mekanis, dan program–program “buruk” yang mengatur hard disk, menginstal system operasi yang berbeda, atau program partisi yang malah merusak hard disk, oleh karena itu hati–hati terhadap virus dengan mengupdate anti vurus secara teratur dan jangan asal menginstal program.
Jika komputer masih tidak bisa booting jangan panik, coba periksa MBR (master boot record) mungkin rusak jika memang rusak kita bisa membuatnya kembali dengan fitur yang ada diwindows 95, 98, ME atau dari program antivirus atau utility lain, caranya masukkan disk starup lalu ketik FDISK /MBR.
Untuk mengembalikan lagi files yang hilang pada windows 95, 98, atau Me (bukan Windows 2000 atau XP), nyalakan PC anda dengan disket windows startup, dan setelah muncul prompt A:\ , ketikan SYS C: lalu klik enter. Computer akan meng-copy system system files dari disket ke hard disk.
Jika anda memililki aplikasi SystemSuite atau SystemWorks, berarti sudah ada fasilitas disk manajemen ataupun recovery didalamnya. Ini cukup berarti untuk mengamankan komputer anda dari kerusakan sistem.
Terimakasih sudah membaca artikel tentang Komputer PC tidak menyala ? anda bisa menemukan artikel ini melalui URL http://bosengaptek.blogspot.com/2012/04/komputer-pc-tidak-menyala.html. dan saya berharap semoga artikel Komputer PC tidak menyala ? ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Terimakasih...

Baca juga yang lain :

No comments:

Post a Comment